TUTORIAL PENGATURAN CELAH KLEP (VALVE) MESIN QUICK CULTIVATOR CAKAR BAJA

Pengaturan celah katup pada mesin Quick Cultivator Cakar Baja bertujuan agar diperoleh waktu yang tepat saat katup membuka dan menutup kembali. Pengaturan ini dilakukan agar komposisi bahan bakar dan udara pas sehingga proses pembakaran dapat berjalan lancar. Dengan melakukan perawatan ini, mesin akan menjadi irit karena konsumsi bahan bakar tidak berlebihan dan performa Quick Cultivator Cakar Baja pun tetap maksimal.

Sebelumnya Pak Bos, perlu diperhatikan bahwa pengaturan celah katup harus dilakukan pada saat mesin dalam keadaan berhenti dan pada saat kedua katup dalam keadaan tertutup atau posisi piston pada akhir langkah kompresi. Bila semua sudah siap, berikut ini langkah-langkah penyetelan klep, Pak Bos.

a. Buka cover cylinder headdengan mengendorkan 4 baut menggunakan kunci ukuran 10 secara diagonal lalu lepas satu persatu.

b. Buka fan cover assy dengan mengendorkan semua baut menggunakan kunci ukuran 10 secara diagonal lalu lepas satu persatu.

c. Posisikan piston hingga mendekati titik mati atas langkah kompresi (top kompresi) dengan cara berikut ini :

  1. Memutar strarter pulleyperlahan.Posisikan tanda segitiga pada strarter pulley sejajar dengan lubang di bagian atas pada recoil starter cover (piston sudah berada pada posisi top kompresi).
  2. Ketika piston sudah berada di posisi top kompresi, maka kedua katup akanmenutup(ditandai dengan kedua rocker arm bebas, dapat digerakan ke kanan-kiri) . Jika katup exhaust masih terbuka (ditandai dengan rocker arm katup exhaust kencang) gunakan recoil starter untuk memutar crank shaft sekali lagi, lakukan hingga tanda segitiga pada starter pulley sejajar dengan lubang pada bagian atas recoil starter cover.

d. Sisipkan feeler gauge diantara valve rocker arm dan valve stem untuk mengukur celah katup (valve clearance), dan lakukan penyetelan.

e. Tahanrocker arm pivotmenggunakan kunci ring ukuran 14 dan kendurkan pivot adjusting nut menggunakan kunci T ukuran 10.

f. Sisipkanfeeler gaugedi antara valve rocker arm dan valve stem.

g. Setel dengan memutar mur pengatur hinggafeeler gaugeterasa sedikit berat ketika digerakkan.

h. Tahanrocker arm pivotdan kencangkan kembali pivot adjusting nut.

i.Pasang kembali Cylinder Head Cover. Kencangkan baut secara diagonal.

j.Pasang kembali Fan Cover Assy.Kencangkan bautnya.

 

Penting!
Jika celah katup terlalu sempit, maka katup akan membuka terlalu awal dan menutup dengan lambat, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya salah pengapian atau pengapian balik.

Jika celahnya terlalu longgar, maka katup akan membuka terlambat dan menutup terlalu cepat, sehingga dapat menimbulkan suara berisik dan getaran.

 

Standar celah katup Honda GX 160 dan 200 :

IN: 0.15 ± 0.02 mm

(0.006 ± 0.001 in)

 

EX: 0.20 ± 0.02 mm

(0.008 ± 0.001 in)

Nah, itu dia Pak Bos tutorial pengaturan celah katup pada mesin Quick Cultivator Cakar Baja. Semoga informasi yang Mas Quick tuliskan dapat bermanfaat

No Comments Yet.

Leave a comment