Beberapa Manfaat Wortel

Di zaman yang serba digital sekarang ini sebagian besar orang sudah memiliki smartphone / gawai dan banyak orang menghabiskan waktu untuk menatap layar gawai. Hal tersebut tidaklah bagus untuk kesehatan mata karena dalam jangka waktu yang panjang dapat merusak indra penglihatan kita. Jadi, disini Mas Quick akan membagikan informasi tentang wortel supaya indra penglihatan kita tetap terjaga kesehatannya. Langsung saja kita simak penjelasan artikel berikut mengenai manfaat dan khasiat wortel.

Warna kuning/oranye yang terdapat pada wortel menunjukkan kandungan beta karoten. Beta karoten yang terkandung dalam wortel rata - rata 12.000 IU. Para ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi wortel 15.000 - 25.000 IU perhari. Kandungan tinggi beta karoten yang mampu mencegah penyakit kanker bersifat antioksidan yang melawan kerja destruktif sel - sel kanker. Disamping itu, beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh.

Beberapa manfaat Wortel bagi kesehatan:

  1. Penglihatan yang Lebih Baik. Sumber betakaroten dalam wortel akan di ubah oleh organ hati menjadi sumber vitamin A. Maka tak mengherankan jika seseorang rutin mengkonsumsi wortel dalam menu hariannya, maka organ matapun akan terjaga kesehatannya sepanjang waktu.
  2. Sayuran Anti Kanker. Wortel menjadi salah satu sayuran yang sangat efektif untuk menangkal berbagai jenis kanker yang sangat mematikan seperti kanker payudara, paru-paru serta usus besar. Ini dikarenakan adanya kandungan falcarinol serta falcarindiol yang mana bersifat antikanker dalam sebuah wortel.
  3. Jantung yang Lebih Sehat. Kandungan beta karoten, alfa karoten serta lutein menjadikan wortel sangat di butuhkan oleh organ jantung. Ini dikarenakan berbagai kandungan zat tersebut akan membuat anda terhindari dari berbagai gangguan atau serangan jantung.
  4. Gigi yang Lebih Sehat dan Kuat. Wortel berperan penting dalam membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang dapat merusak gigi dan gusi. Ini dikarenakan wortel memiliki kandungan mineral tertentu yang dapat mencegah kerusakan gigi dari waktu ke waktu.
  5. Pencegah Stroke yang Ampuh. Rutin mengkonsumsi wortel dapat mengurangi dan mencegah penyakit stroke yang bisa mengancam keselamatan nyawa dalam waktu sekejap.
  6. Tampil Lebih Awet Muda. Kandungan betakaroten yang sangat tinggi dalam sebuah wortel dapat memperlambat penuaan sel. Sehingga membuat seseorang terlihat lebih awet muda meskipun usia terus bertambah.
  7. Pembersih Racun Pada Tubuh. Kandungan Vitamin A dalam wortel dapat membersihkan organ usus besar serta empedu dan lemak dalam organ hati secara alami serta efektif.

Berikut beberapa cara pengolahan Wortel untuk kesehatan anda:

  1. Menyembuhkan batuk: Ambil 1 wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.
  2. Mengatasi Hipertensi: Ambil 500 gram wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang dan diblender. Saring dan minum airnya 3 kali dalam sehari.
  3. Mengatasi Luka Bakar: Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
  4. Mengatasi Nyeri Haid: 250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air dan diblender. Minum 2 kali dalam sehari.
  5. Menghaluskan Wajah: Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker sampai kering, lalu dibilas dengan air bersih.
  6. Mengatasi Sembelit: Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.
  7. Mengatasi Demam pada Anak: Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

Beta karoten dalam wortel juga baik untuk kesehatan mata karena dapat membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang disebut vitaminosis A dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja. Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh. Wortel mentah atau dimasak merupakan sumber kalium dan vitamin C.

Wortel juga dapat dikonsumsi dengan cara dibuat jus wortel. Jus wortel yang dicampur dengan susu juga merupakan vitamin A ideal untuk bayi. Jus wortel cocok dicampur dengan jus buah lainnya. Dengan minum jus wortel, gangguan kesehatan di usia tua dapat berkurang dan mungkin akan sembuh.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat wortel. Semoga dengan adanya informasi dari Mas Quick tentang wortel tersebut, Sobat Quick dapat lebih suka mengkonsumsi wortel dan bisa membagikan informasi tersebut kepada sanak famili. Semua Quick, Semua Hebat!!

No Comments Yet.

Leave a comment