Jenis-Jenis Wortel

Banyak dari kita yang sudah tahu tentang sayuran yang satu ini, yaitu wortel. Ya, sayur berwarna jingga ini sudah sangat umum di kalangan masyarakat. Tetapi sebagian  dari kita belum mengetahui wortel itu ada beberapa jenis lho. Sekarang Mas Quick akan membagikan informasi seputar wortel, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Wortel merupakan jenis sayuran terpopuler kedua setelah kentang. Mengandung vitamin A yang tinggi. Wortel termasuk tumbuhan sayur dalam famili Apiaceae, termasuk sayuran yang paling digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya renyah. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel mempunyai batang daun basah yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar) dan mirip dengan daun seledri.

Jenis-jenis wortel:

  1. Jenis Imperator yaitu jenis wortel yang memiliki bentuk bulat memanjang dengan ujung meruncing seperti kerucut. Wortel ini sedikit tipis, serta memiliki umbi berwarna oranye. Wortel jenis ini kurang disukai oleh orang karena rasa yang dimiliki wortel jenis ini kurang manis.
  2. Jenis Chantenay. Jenis wortel ini memiliki bentuk tebal meruncing dengan ujung yang tumpul. Jenis wortel Chantenay memiliki panjang sekitar 12 cm serta banyak disukai orang karena memiliki rasa yang manis. Dibandingkan jenis wortel lainnya wortel jenis ini memiliki tekstur lebih kasar. Biasanya, wortel jenis ini sering dimasak dengan di potong berbentuk dadu .
  3. Jenis Mantes. Wortel jenis ini merupakan gabungan dari wortel jenis Imperator dan jenis Chantenay. Wortel jenis ini memiliki ukuran sedang, memiliki warna oranye gelap, berbentuk bulat tumpul dan memiliki diameter dari atas hingga bawah sama . Kandungan air pada wortel nantes lebih tinggi dari jenis wortel lainnya sehingga jika dimasak rasa manis pada wortel jenis ini akan berkurang

Sekian penjelasan dari Mas Quick mengenai jenis- jenis wortel. Semoga informasi tentang wortel tersebut dapat menambah pengetahuan Sobat Quick. Semua Quick, Semua Hebat !

No Comments Yet.

Leave a comment